PERCOBAAN 8



    POLTEKAD KODIKLATAD
JURUSAN TELEKOMUNIKASI
 


PRAKTIK BAHASA PEMOGRAMAN
PERCOBAAN 8
MEMBUAT KALKULATOR

2.         Tujuan Instruksional umum.       Agar bamasis mampu mempraktekan pembuatan kalkulator pada aplikasi Embarcardero.
3.         Alat dan bahan
                 a. PC/ Laptop
                 b. Delphi/ Embarcardero XE5
4.         Teori Dasar.             Delphi XE5 merupakan versi pertama Delphi yang mampu mengembangkan aplikasi untuk platform Android, selain juga handal untuk mengembangkan aplikasi iOS (iPhone, iPod dan iPad), aplikasi untuk Macintosh (OSX 10.7 Lion dan versi lebih baru), serta aplikasi untuk platform Windows sendiri, termasuk Windows 8 family. Delphi  adalah  suatu  bahasa  pemograman  (development  language)  yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program. Delphi  termasuk  dalam  pemrograman  bahasa  tingkat  tinggi  (high  level lenguage). Maksud dari bahasa tingkat tinggi yaitu perintah-perintah programnya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia. Bahasa pemrograman Delphi  disebut  bahasa  prosedural  artinya  mengikuti  urutan  tertentu.    Dalam membuat     aplikasi     perintah-perintah.   Program  ini mempunyai  beberapa  keunggulan,  yaitu  produktivitas,  kualitas,  pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompiler, pola desain yang  menarik serta diperkuat dengan bahasa perograman  yang terstruktur  dalam  struktur bahasa perograman Object Pasca.Sebagaian besar pengembang Delphi menuliskan dan mengkompilasi  kode program di dalam lingkungan pengembang aplikasi atau Integrated Development Environment   (IDE).   Lingkungan   kerja   IDE   ini   menyediakan  sarana   yang diperlukan   untuk  merancang,  membangun,   mencoba,  mencari  atau  melacak. kesalahan,    serta    mendistribusikan     aplikasi.    Sarana-sarana    inilah  yang memungkinkan  pembuatan  prototipe  aplikasi  menjadi  lebih  mudah  dan  waktu yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi menjadi lebih singkat. Ini lah bagian bagian dari program Embarcadero yang dibutuhkan oleh pembuatan Kalkulator :
a.    Form adalah sebuah objek kontrol penampung dari objek kontrol lain, dapat menerima tugas dan memberikan reaksi terhadap tindakan dari pengguna untuk kelangsungan sebuah program aplikasi, form juga bias di sebut bahan untuk pembuatan window. Kita meletakan kontrol pada form. Kontrol ini misalnya tombol,check boxradio buttonlabel,panel dan sebagainya.
b.    Label merupakan salah satu tool pada RAD Delphi XE5. Fungsi label sendiri sering digunakan untuk memberi informasi kepada user (petunjuk) mengenai apa yang harus di isi dalam sebuah text box.
c.    Common Button adalah sebuah tool box yang akan aktif ketika di klik, jelasnya  dengan script yang di tuliskan , untuk penggunaannya sendiri sangatlah banyak  salah satunya bias kita gunakan untuk Form Login, Input Data, dan membuka            Folder.
d.    Edit Komponen yang digunakan untuk menerima satu baris teks yang merupakan data input pemakai komponen ini juga dapat digunakan untuk menampilkan teks.
e.    Shape dapat berarti bangun atau bentuk plastis (form). Bangun (shape) ialah bentuk benda yang polos, seperti yang terlihat oleh mata, sekedar untuk menyebut sifatnya yang bulat, persegi, ornamental, tak teratur dan sebagainya. Sedang bentuk plastis ialah bentuk benda yang terlihat dan terasa karena adanya unsur nilai (value) dari benda tersebut, contohnya lemari. Lemari hadir di dalam suatu ruangan bukan hanya sekedar kotak persegi empat, akan tetapi mempunyai nilai dan peran yang lainnya.



5.         Langkah – Langkah Percobaan
            a. Aktifkan PC / Laptop
                b. Bukalah aplikasi IDE Rad studio delphi XE5 anda.
c. Jika sudah klik menu File > New > VCL Forms Application – Delphi seperti



   gambar dibawah ini. 
Gambar 1. New Forms Application
f.    



Setelah itu akan tampil form seperti berikut ini. Jangan lakukan perubahan apapun.
Gambar 2. Tampilan Form.

g.   



Jalankan program tersebut dengan cara klik menu Run > Run. Dan mari kita lihat hasilnya.
Gambar 3. Langkah menjalankan RUN.



.
                Gambar 4. Hasil dari RUN form.



f. untuk menampilkan label pilih standart pada tool palette pada main menu standart terdapat Tlabel   seperti dibawah ini .
Gambar 5. Tlabel pada standart
h.    Buatlah 4 label untuk memberikan keterangan judul Kalkulator, input, variable X dan Y  .



Gambar 6. Label.

i.     



Gunakan button untuk dapat memasukan codding sebagai perintah sebanyak 13 button untuk tombol seperti gambar dibawah ini.
Gambar 7. Tbutton.
j.     



Gunakan 3 edit untuk data variable X dan Y serta untuk wadah menampilkan hasil dari X dan Y yang berada di tool palette >standart>Edit.
                                          Gambar  8. Edit.

k.   



tambahkan shape untuk memperindah tampilang gunakan 2 shape yan berada di tool palette > additional> shape.
Gambar 9. Shape.

l. Langkah selanjutnya klik dua kali pada setiap button untuk memasukan sebuah coding yang diharapkan dapat menjalankan sebuah aplikasi yang sudah didisain. 
      Coding pada Button Penjumlahan :
            procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 y := strtofloat(edit2.Text);
 z := x+y ;
 edit3.Text := floattostr(z);
end;
      Coding pada Button pengurangan:
            procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 y := strtofloat(edit2.Text);
 z := x-y ;
 edit3.Text := floattostr(z);
end;
Coding pada Button Perkalian
procedure TForm2.Button3Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 y := strtofloat(edit2.Text);
 z := x*y ;
 edit3.Text := floattostr(z);
end;
            coding untuk buton pembagian
procedure TForm2.Button4Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 y := strtofloat(edit2.Text);
 z := x/y ;

 edit3.Text := floattostr(z);
end;
            coding untuk button sin (x)
procedure TForm2.Button8Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 z := sin (x*pi/180);

 edit3.Text := floattostr(z);
end;
            coding untuk button cos (x)
procedure TForm2.Button9Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 y := strtofloat(edit2.Text);
 z := cos (x*pi/180);

 edit3.Text := floattostr(z);
end;

            coding untuk button Tan (x)
procedure TForm2.Button10Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 y := strtofloat(edit2.Text);
 z := tan(x*pi/180);
 edit3.Text := floattostr(z);
end;
            coding untuk button Kuadrat (x)
procedure TForm2.Button11Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 y := strtofloat(edit2.Text);
 z := sqr(x);
 edit3.Text := floattostr(z);
end;
       

            coding untuk button Akar (x)
procedure TForm2.Button12Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 y := strtofloat(edit2.Text);
 z := sqrt(x);
 edit3.Text := floattostr(z);
end;
            coding untuk button Pangkat (x) dan (Y)
procedure TForm2.Button13Click(Sender: TObject);
var
x,y,z : real;
begin
 x := strtofloat(edit1.Text);
 y := strtofloat(edit2.Text);
 z := power(x,y);
 edit3.Text := floattostr(z);
end
            coding untuk button hapus variable (X)
procedure TForm2.Button5Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Clear ;
end;
            coding untuk button hapus variable (Y)
procedure TForm2.Button6Click(Sender: TObject);
begin
edit2.Clear ;
end;
coding untuk button hapus hasil
procedure TForm2.Button7Click(Sender: TObject);
begin
edit3.Clear ;
end;
Coding syntax:
uses
Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics, Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, math, Vcl.ExtCtrls, Vcl.StdCtrls ;




6. HASIL PERCOBAAN
Gambar 10.Design Project Kalkulator.
Buatlah terlebih dahulu design project kalkulator . Untuk keterangan komponen yang dipakai berada di keterangan dilangkah-langkah percobaan diatas.




Gambar 11. Hasil dari pemangkatan (x) dan (y).
Ini adalah hasil akhir dari perpangkatan variable X dan Y menggunakan kalkulator aplikasi embarcardero yang telah dibuat disini saya memasukan variable (X) 50 dan variable(Y) 2 dengan hasil akhir 2500.

7. ANALISA.            
Pada Percobaan 8, kami membuat aplikasi kalkulator. Program ini merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai alat bantu hitung, aplikasi ini berbentuk kalkulator sains sederhana, karena hanya memuat beberapa operasi hitung sains sederhana, seperti operasi trigonometri seperti sinus, cosinus, dan tangen selain itu juga ada operasi hitung pangkat seperti akar dan pangkat kuadrat. Pembuatan aplikasi kalkulator menggunakan aplikasi Delphi Xe5. Pertama proses input dilakukan oleh user yaitu dengan menentukan desain kalkulator sains yang terdapat berbagai button untuk tombol penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, sin, cos, tan, kuadrat, akar dan pangkat dan dibentuk menjadi tipe data real (merubah menjadi pecahan dan decimal). Cara kerja operasi ini sama dengan kalkulator pada umumnya, namun yg membedakan hanya pada cara kerja operasi trigonometri, pada program ini nilai derajat yg diinginkan terlebih dahulu di input, baru dapat dicari nilai sin , cos atau tan dari nilai yg dicari, selebihnya cara kerja program ini sama dengan kalkulator yang biasa.
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “+” maka hasil yang didapatkan adalah angka pertama dijumlahkan dengan angka yang kedua.
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “-” maka hasil yang didapatkan adalah angka pertama dikurangi dengan angka yang kedua.
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “x” maka hasil yang didapatkan adalah angka pertama dikalikan dengan angka yang kedua.
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “/” maka hasil yang didapatkan adalah angka pertama dibagikan dengan angka yang kedua dan dalam operator bagi angka kedua tidak dapat ditulis angka 0, apabila ditulis angka 0 maka tidak akan terdefinisi
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “sin” maka hasil yang didapatkan angka kedua akan dikalikan dengan phi dan dibagi dengan 180.
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “cos” maka hasil yang didapatkan angka kedua akan dikalikan dengan phi dan dibagi dengan 180.
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “tan” maka hasil yang didapatkan angka kedua akan dikalikan dengan phi dan dibagi dengan 180.
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “kuadrat” maka hasil yang didapatkan adalah angka pertama dikuadratkan.
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “Akar” maka hasil yang didapatkan adalah angka pertama diakarkan.
·         Pada codding tersebut menjelaskan jika operator yang digunakan “pangkat” maka hasil yang didapatkan adalah angka pertama dipangkatkan dengan angka yang kedua.

Serta perlu diketahui Software Embarcadero/Delphi XE5 dapat berjalan apabila project kerja manjadi masing- masing dikarenakan tidak dapat dijalankan apabila menjadi banyak project dan bebagai form. Serta script syntax/codding data pada From sudah sesuai dengan perintah, Properties dan Coddingnya sama. Apabila antara Properties dan Coddingnya tidak sesuai maka Percobaan 8 pada aplikasi Embarcadero/Delphi XE5 tidak dapat terbaca/eror pada Program tersebut.

8. KESIMPULAN DAN SARAN .             
KESIMPULAN
Dari Percobaan 8 dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut, aplikasi Software Embarcadero/Delphi XE5 dapat membantu user dalam mempelajari alat bantu kalkulator Secara garis besar program kalkulator dalam penulisan ini memiliki beberapa fasilitas dan masing masing fasilitas tersebut dibuat didalam form terpisah, setiap form terpisah yang dibuat akan mewakili sebuah permasalahan, pembuatan program ke dalam form form terpisah dan unit unit terpisah ini dimaksudkan agar penyelesaian sebuah masalah menjadi lebih terfokus. Dari percobaan percobaan sebelumnya dapat dipelajari dan mengetahui bagaimana cara kerja aplikasi alat secara logika. Kami mendapatkan kepuasan dapat berhasil membuat alat bantu hitung melalui aplikasi embarcardero.

SARAN
Praktik Percobaan 8 ini menggunakan Software Embarcadero/Delphi XE5 dapat juga membuat program alat bantu hitung yang dapat berguna bagi user yang ingin mencoba. Dan diberikan keterangan untuk dapat pelajari dibandingkan dengan software lain, yang pada dasarnya sama di gunakan untuk programan serta menambah keahlian kita untuk mengoprasikan aplikasi tersebut, diharapkan untuk para Bamasis untuk mencoba dan mempelajari software Embarcadero/Delphi XE5 dalam praktik praktik yang akan datang.